• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014

 

NILAI: UTS ATAU ULANGAN HARIAN

 

Ujian Tengah Semester (UTS), mungkin itulah yang bisa menggambarkan hasil rapot bayangan atau nilai tengah semester. Namun bagaimana jika kegiatan tersebut justru tidak dijalankan. Lantas darimanakah nilai tersebut berasal?

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, pengambilan nilai tengah semester umumnya dilakukan setelah adanya ujian tengah semester. Pengambilan nilai ini adalah suatu proses dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses penyerapan materi. Namun, SMAN 3 Denpasar rupanya tidak menerapkan sistem pengambilan tengah semester kali ini. Hal ini diungkapkan oleh Evi Paramithasari, salah satu guru di SMAN 3 Denpasar. “ Kalau untuk penilaian tengah semester di Trisma, nilainya diambil dari ulangan-ulangan yang telah dilaksanakan siswa. Nilai tersebut nantinya akan dirata-ratakan,” ungkap guru matematika ini. Ia juga menambah bahwa nilai yang didapatkan guru selama proses belajar untuk menunjuang rapot siswa didapatkan dari nilai ke aktifan siswa sendiri. “Jadi, siswa tidak perlu khawatir akan nilainya karena siswa yang aktif mengungkapkan pendapatnya akan mendapatkan nilai lebih,” lanjutnya dengan senyum.

            Penerapan pengambilan nilai ujian melalui ulangan harian dikelas di Trisma inipun mengundang berbagai tanggapan dari siswa-siswi SMAN 3 Denpasar. Beberapa dari mereka mendukung penerapan pengambilan melalui ulangan harian ini. “Aku senang dengan penerapan baru ini. Soalnya kita itu tidak perlu capek-capek belajar lagi nyiapin ujian lagi. Sebelumnya udah ulangan eh nanti tiba-tiba datang ujian tengah semester,” ungkap Bintang Kartika, salah satu siswa XI IPS 2 Trisma. Namun berbeda dengan pengakuan Agus Gelgel (15), ia mengakui bahwa penerapan tersebut malah membuatnya menjadi ragu akan hasil dari nilainya. “Gimana dengan siswa yang baru satu kali ulangan dan masih memiliki nilai yang kecil ketika ulangan, lalu nilai dari ujian tersebut didapatkan dari mana,” tegas agus yang baru mencicipi bangku sekolah menengah atas ini.

            Sejati, penerapan apapun yang digunakan haruslah dikerjakan dengan sepenuh hati. “Semua ujian, ulangan sama saja sih sebenarnya asalkan ia mengerjakan dengan fokus pasti hasilnya akan maksimal sehingga mereka tidak perlu cemas akan nilai yang tertera,” jelas yang akrab disapa bu Evi ini. Ia juga mengharapkan kedepannya UTS yang diambil dari ulangan harian ini dapat terus ditingkatkan. “ Sudah berjalan dengan lancer , semoga kedepannya terus lancar bahkan semua siswa mendapatkan nilai yang baik,” tutupnya diakhir wawancara (Sa/ Bi/ Dyt).

 

 

 

Manja, lemah mungkin kata yang tepat untuk di era now ini. Dari bergulirnya sang kala membuat jaman tiada hari tanpa bermakna. Tidak hanya dalam dunia niskala, tapi juga dalam kehidupan sekala.

Read more

Image and video hosting by TinyPic

 Memasuki tahun yang baru, menambah semarak tahun 2018. Di awal tahun ini suasana baru menghiasi kehidupan setiap insan, hal ini juga dirasakan terjadi di SMAN 3 Denpasar yang berani tampil beda dari sebelumnya. 

Read more

Image and video hosting by TinyPic

 “Ahhh sial sekali kemungkinan tahun ini engga jadi berangkat,” kesal perempuan itu, ketika mendengar gosip study tour untuk kelas XI ditiadakan. 

Read more

Image and video hosting by TinyPic

Suka tak suka inilah wajah baru peradaban dunia : teknologi digital. Sudah saatnya remaja menentukan posisi : hendak berdikari memaksimalkan peluang, atau kembali pada masa pemerintahan Suharto, sebagai generasi bungkam yang tunduk begitu saja? Jumat,(16/08).

Read more

Pengunjung Lainnya

We have 107 guests and no members online