• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Presslist 9

Image and video hosting by TinyPic

 "Baiklah acara Presslist 9 & YSA 6 dinyatakan resmi dibuka,” ucap yang akrab Surya seraya mengetuk microfonnya tiga kali menandakan acara telah resmi dibuka dibarengi tepuk tangan meriah dari segerombolan orang yang memenuhi ruang workshop SMAN 3 Denpasar, Minggu (02/09).

    Tepat pukul 07:30 WITA pagi para peserta dari beragam sekolah yang ada di Provinsi Bali terlihat sudah berkumpul meramaikan acara Presslist 9 & YSA 6 ini dengan senyum yang bertengger diwajah mereka sekaligus raut wajah yang tidak bisa membohonginya bahwa telah siap mengikuti lomba dan menanti pengumuman hasil lomba Presslist 9 dan YSA 6 nanti. Tak hanya antusias dari para peserta, para tamu undangan pun sudah mulai memenuhi ruangan yang bertemakan ‘Bioskop Merah Putih’ diantaranya ialah Ida Bagus Sudirga selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Denpasar, Ngurah Agus Suryawan salah satu perwakilan Institut Trisaki dan Cok Istri Mega Wulandari selaku Ketua Panitia Acara Presslist 9 dan YSA 6. 

       Pembukaan Presslist 9 dan YSA 6 ini diawali dengan sambutan singkat dengan tamu undangan yang telah hadir dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza secara bersamaan untuk menghargai bangsa Indonesia. Selanjutnya acara pagi tersebut, dilanjutkan dengan pemutaran video perjalanan Presslist 1 hingga Presslit 8, dan dilanjutkan dengan menyinggung konsep baru acara ini sehingga memacu anak bangsa untuk merajut kembali Indonesia yang sebenarnya jika ditilik lebih dalam lagi masih belum merdeka. Hal ini diakui oleh Ketua Panitia Presslist 9 dan YSA 6 bahwa dari acara ini memberikan pesan tersendiri kepada negeri Indonesia yang merindukan rajutan kemerdekaan. Maka dari itu Madyapadma hadir melalui ajang yang ditampilkan ini. “ Dari sini sebenarnya, kita mengajak semua generasi muda Indonesia untuk berani menyuarakan aspirasinya melalui karya-karya mereka,” ungkapnya. Selepas itu, acara dilanjutkan dengan peresmian pembukaan Presslist 9 & YSA 6 oleh salah satu dari Institut Trisakti dengan penandatangan disebuah kanvas yang telah disediakan. 

     Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan pelaunchingan pelatihan jurnalistik online yang dibuat menjadi video yang telah diupload ke channel youtube Madyapadma, pelaunchingan MP News (Koran Madyapadma) Versi Digital yang diterbitkan sejak tahun 2010 hingga edisi tahun 2018 dengan jumlah keseluruhan yakni 66 edisi, dan pelaunchingan 9 buku teranyar karya Madyapadma, serta dilanjutan dengan pengumuman lomba kording (Koran Dinding) tk. SMA/MTS se Indonesia yang bisa dilihat di web Madyapadma. 

     Terlepas dari acara pembukaan tersebut, Presslist 9 dan YSA 6 berhasil membawa kesan tersendiri dihati Ida Bagus Sudirga selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Denpasar. “Bagus, acara yang sangat positif, saya harap nantinya dapat memberikan pengaruh positif juga untuk generasi muda lain,” tuturnya dengan tegas. Karena inovasi anak muda masa kini yang diperlukan untuk bersaing, beliau mengharapkan semoga Presslist dan YSA nantinya semakin berjaya memberikan karya yang berbeda. “Saya tunggu tahun depan memberikan sesuatu yang baru kembali,” tantangnya saat itu. (sa)