• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Presslist 9

Image and video hosting by TinyPic

 Semula diam. Namun saat menerima notifikasi dari aplikasi instagram, semangat gadis itu kian membuncah. “Akhirnya kembali lagi, ini yang aku tunggu-tunggu dari tahun lalu,” kata remaja itu saat melihat pendaftaran lomba Youth Sineas Awards (YSA) 6 dibuka di Instagram Madyapadma.

     Adalah, Anak Agung Inten Pramitriyani (16), remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas itu sangat kegirangan ketika diberitahukan bahwa Presslist 9 hadir bersama YSA 6 ketika sedang mengedit video menggunakan laptop hitam yang ia taruh di mejanya. “Kebetulan ini aku lagi iseng buat film fiksi nih,” kata remaja berambut ikal tersebut. Ia juga mengaku bahwa dirinya berencana mengikuti perlombaan tersebut. “Aku ingin cari pengalaman lebih tentang dunia perfilman,” lanjutnya dengan senyum.

    YSA atau outh Sineas Awards merupakan acara yang digarap oleh sekelompok ekstrakurikuler Madyapadma Journalistic Park – SMA Negeri 3 Denpasar. Dimana YSA adalah wadah kretifitas kalangan muda dalam menunjukan bakat dan minatnya khususnya di bidang perfilman. Perlombaan tersebut dilaksanakan untuk mencari bibit dalam bidang perfilman. Hal ini diakui oleh Dodek Sukahet selaku alumni Madyapadma angkatan 34. Ia mengungkapkan bahwa tujuan awal didirikan perlombaan tersebut untuk mengapresasi film-film yang ada di Indonesia. “Terinspirasi dari festival film indie yang masih sedikit, sehingga dulu kita membuat alternative festival lainnya untuk film-film maker indie di seluruh Indonesia,” tegasnya. Pria berumur 23 tahun tersebut juga mengungkapkan bahwa terbelesitnya YSA berkat Presslist “Jadi, saat itu kita punya Presslist dan kenapa divisi audiovisual tidak ada kontribusi acara didalamnya, ya sudah kita membuat YSA juga,” tambah pria penyuka makanan khas Bali ini. 

     Perlombaan YSA ini juga diadakan sudah berjalan 5 tahun oleh Madyapadma hingga ke berbagai sekolah yang ada di penjuru Indonesia dan dalam perlombaan YSA ini biasanya hasil film yang peserta buat akan diangkat dan ditayangkan di Bioskop Trisma atau yang lebih dikenal dengan BISMA dan menjadi tontonan bersama bagi semua masyarakat yang ada. Dengan diadakannya YSA 6 kembali pada tanggal 2 September 2018 ini menjadikan hal tersebut sebagai bentuk karya yang dibuat anak muda dan memberikan tontonan positif bagi semua masyarakat serta tentunya memajukan industri perfilm Indonesia menjadi lebih baik. "Semoga nanti banyak peserta yang dapat berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan YSA 6 ini," harap Mita Dwiadnyani (17), steering committee YSA 6. (Sa/Mis)