• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Tajuk

Zaman sudah upgrade, kini kehidupan dalam dunia nyata seakan tergantikan dengan dunia maya. Menunjukkan bagaimana lemahnya realita interaksi sosial yang kian terkikis teknologi. Membius mayoritas masyarakat sekejap kilat dengan berbagai keuntungan yang ditawarkannya tanpa memerdulikan dampak sosial yang timbul berkepanjangan.

     Perkembangan pesat khususnya dalam bidang teknologi ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kehidupan sosial masyarakat. Tidak adanya keterbatasan dalam mengakses secara utuh, menyebabkan penyebarannya meluas hingga mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku seseorang. Merambat pada setiap lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menyebabkan transmisi dalam skala besar yang mempengaruhi kehidupan sosial secara umum. Tak dapat dipungkiri interaksi sosial semakin melemah setiap harinya karena segalanya yang berbau “zaman now” seaakan memaksa untuk mempertahankan ‘kemalasan’ kita. Terbiasa bermanja-manja pada berbagai kemudahan di era ini, tak jarang membuat seseorang melupakan keadaan sekitarnya dan cenderung individualis. Merasa lebih nyaman ketika berbicara lewat chat daripada berbicara secara langsung. Tak ayal mengurangi intensitas interaksi yang terjadi antar setiap individu.

    Interaksi sosial sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa hal tersebut, proses dinamika kehidupan tidak akan dapat berjalan lancar. Interaksi sebagai komponen utama tentu menjadi hal yang sangat mempengaruhi proses sosial dalam masyarakat. Media elektronik kini menjadi alternatif pilihan yang banyak digunakan seseorang untuk melakukan interaksi dengan yang lainnya. Tanpa perlu bertatap wajah atau berbicara, ditambah lagi jangkauan jarak yang sangat luas, seaakan menggusur interaksi dunia nyata karena efisiensi yang seperti tanpa batas. Padahal, interaksi sosial secara langsung dapat lebih mengakrabkan diri dan kecenderungan mengalami miss communication akan semakin rendah. Kontak sosial juga akan terjalin dengan baik sehingga dapat menciptakan sebuah relasi yang baik pula antar masinh-masing pihak yang terkait di dalamnya.

     Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat; menjadi potret interaksi semu melalui media perantara elektronik. Meski kini masyarakat mulai tahu tentang berbagai kekurangan yang ada mengingat banyaknya kasus-kasus penyalahgunaan media, tetap saja kekurangan yang tidak bisa dianggap remeh tersebut seperti tertutupi oleh kemudahan lain yang lebih membantu kehidupan.

Pengunjung Lainnya

We have 97 guests and no members online