• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Laporan Khusus

Terdengar derapan kaki yang sangat cepat yang bersumber dari lapangan SMAN 3 Denpasar. Terlihat segerombol siswa yang sedang berlari mengelilingi lapangan pada hari Selasa (9/1). Rupanya mereka sedang menjalani latihan fisik.

 

      Menjelang 2 hari sebelum perjalanan panjang menyusuri pesisir barat Pulau Bali dalam rangka memperingati HUT ke-41 Trisma, tampaknya para tim pesepeda masih sibuk dengan latihan fisiknya sekitar pukul setengah 5 sore di lapangan SMAN 3 Denpasar. Latihan khusus para pesepeda ini dibuka dengan berlari mengelilingi lapangan selama 12 menit. Lalu dilanjutkan dengan melakukan push-up dan sit-up berpasangan.

    Sekitar pukul setengah 6 sore, para peserta latihan fisik mulai melakukan step-up. Para peserta segera berpindah tempat dari lapangan upacara bendera SMAN 3 Denpasar menuju ke sekitar taman-taman mini yang mengelilingi lapangan. Tak lupa jumlah masing-masing push-up, sit-up, dan step-up dicatat satu persatu. Sekitar pukul 7 malam para peserta latihan fisik segera dibubarkan. Latihan kali ini tergolong cukup lama dari latihan-latihan sebelumnya.

    Sebagai salah satu peserta latihan fisik, Desinta(16) mengaku bahwa ini pertama kalinya dia akan bersepeda dengan jarak yang cukup jauh. Itulah sebabnya gadis ini sudah mulai mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan selama mengikuti ekspedisi dari jauh-jauh hari. "Udah siap-siap sekitar 80% kurang celana sepeda aja," jawabnya sambil menunggu giliran untuk melakukan step-up. Gadis yang tergabung dalam tim full sepeda ini juga mengaku ia sempat kelelahan untuk mengatur antara persiapan ekspedisi dengan materi pembelajaran di sekolah. Meski kelelahan ia tetap semangat untuk menjalani katihan fisiknya.

    Berbeda sengan Desinta yang sudah sibuk dengan latihan fisik dari jauh-jauh hari, Gung Prema (16) yang merupakan salah satu anggota tim film baru saja melakukan tahap awal untuk menciptakan sebuah film yang terlahir dari acara ekspedisi ini. "Masih tahap awal, baru ngumpulin stok-stok dulu buat bikin film," ujarnya sambil membawa kamera.

   Tak terasa waktu yang tersisa hanya 2 hari lagi. Para peserta tentu sudah tak sabar untuk segera mengayuh sepedanya menyusuri pesisir barat Pulau Bali. "Kayaknya ekspedisi ini bakalan seru. Soalnya bakalan sepedaaan rame-rame. Beda kalau misalnya sendirian, pasti rasanya lama banget," ujar Desita sebagai penutup. (gau)

Pengunjung Lainnya

We have 83 guests and no members online