• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Jelajah Sepeda Bali Barat 2018

Image and video hosting by TinyPic

 “Yah, kok cepet banget sih sampainya,” keluh Made Widiadenyani (15) salah satu tim sepeda sembari menaruh sepeda gunungnya di jejeran sepeda di Gerya Taman Kertha, Seririt, Kamis(11/01).

     Tepat pukul 18.00 WITA, Etape pertama dari Eks Pelabuhan Buleleng ke Pantai Lovina menuju Seririt yang menempuh jarak 22,3 km telah berakhir dengan manis hal tersebut diungkapkan I Nyoman Tri Sendyana Sebagai tim Jelajah Sepeda Bali bagian Barat 2018 “ Anggap aja perjalanan itu terbilang pemanasan untuk pembuka hari pertama ekspedisi ini”. Perjalanan yang melalui Seririt inipun menuai tanggapan bagi Kadek Dwika Wahyudinata sebagai tim sepeda kalau perjalanannya sangat mengesankan walaupun diselingi hujan. “ Meskipun tadi sempat hujan dan ada 1 tanjakan tapi perjalananya masih santai belum menguras tenaga,” katanya dengan santai 

   Terlepas dari tim jelajah, rombongan tim ekspedisi juga memiliki tugasnya masing-masing, ketika menyambangi Pantai yang dilewatinya. Seperti tim riset, I Nyoman Aris Suardana “Aku tadi sudah ngambil sampel air Pantai Penimbangan, Pantai Pemaron dan Pantai Lovina untuk mengidentifikasi terkait kualitas air dan tingkat kerawanan abrasinya,” terang pria yang akrab disapa Aris ini. Disisi lain, tim radio pun telah menjalankan tugasnya dengan lancar. “Ya tadi kami sudah melakukan wawancara dengan nelayan di pantai lovina lalu nanti tinggal di edit dan disiarkan ke sekolah agar besok teman sekolah mengetahui berita terkini mengenai ekspedisi hari ini,” papar Putu Ristia Amandari selaku tim KBRF (Kantor Berita Radio Features-red). 

    Tak hanya melakukan ekspedisi dan penjelajahan, pasalnya pada kali pertama mengunjungi Pantai Lovina ini Madyapadma Journalistic Park mengadakan aksi lingkungan yaitu dengan membersihkan pantai lovina dari sampah. Menurut Ketut Utari Mustika Putri selaku ketua panitia ekspedisi mengungkapkan bahwa aksi lingkungan sangat bagus diadakan mengingat zaman sekarang masyarakat kurang peduli terhadap lingkungan. “Disini kita bukan sekedar sepedaan saja tetapi mempraktekan kepedulian terhadap alam. Kalau tidak ada kita yang merawat pantai itu mau siapa lagi?” ungkapnya ketika diwawancarai sore tadi.

    Perjalanan etape pertama terbilang mulus dan memberikan kesan manis diawal inipun tak berhenti sampai disini, namun masih ada hari besok yang menempuh jarak 60,8 kilometer, dengan titik start dari Seririt menuju Taman Nasional Bali Barat. (sa)