• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Jelajah Sepeda Bali Barat 2018

Image and video hosting by TinyPic

"Saya lepas acara ini secara resmi,” ungkap  Suyastra, Kepala SMAN 3 Denpasar  dibarengi ketukan sebagai simbolik peresmian. Selepas itu,  tim pesepeda dan non sepeda bersiap menempuh perjalanan panjang. Ada apa?

      Madyapadma Journalistic Park kembali hadir dengan gebrakan baru. Setelah sebelumnya (2017) menjelajahi Bali bagian timur, kini Bali bagian barat 'absen' sebagai daerah rambahan untuk ekspedisi ditahun 2018. "Wilayah barat kita pilih untuk melengkapi ekspedisi sebelumnya di wilayah Bali Timur sekaligus mengeksplor lebih dalam potensi Bali Barat," ujar I Nyoman Tri Sendyana selaku Pemimpin Umum Ekstrakulikuler Madyapadma. Dengan mengusung tema Harta Karun Bali Yang Terlupakan, ekspedisi ini diharapkan dapat membuka pikiran masyarakat ditengah gejolak pariwisata akibat bencana Gunung Agung. "Bali tak kan mati karena pariwisata merosot, karena Bali punya potensi lain seperti pertanian dan kerajinan. Nah inilah yang akan Madyapadma ekplorasi lebih dalam di Bali Bagian Barat" ungkapnya.

     Sementara itu, hari ini Kamis (11/12) Ekspedisi akan dimulai. Rombongan peserta ekspedisi yang tergabung dalam ekstrakurikuler Madyapadma Journalistic Park dan Forum Peneliti Muda Trisma tampak mulai memadati areal SMAN 3 Denpasar. Tepat pukul 09.45 WITA, sebanyak 5 kendaraan roda 4 dan 2 kendaraan roda 2 dikerahkan untuk mengangkut rombongan non sepeda serta berbagai keperluan perlengkapan lainnya. “Ada 1 truck untuk mengangkut sepeda, 1 pickup yang mengangkut perlengkapan, 1 shuttle bus untuk para pesepeda serta mobil lain untuk non sepeda, dan 2 motor untuk mengiringi,” tambah Tri Sendyana.

    Rencananya pukul 13.00 WITA nanr, kegiatan ini akan dimulai dari Singaraja bergerak ke Pelabuhan Buleleng – Pantai Lovina dan berakhir di Seririt. Dengan menempuh jarak 22,3 km, pesepeda diperkirakan akan sampai di tempat menginap pukul 16.30 WITA. Selain bersepeda, acara ekspedisi kali ini juga diisi dengan kegiatan aksi sosial, aksi lingkungan bersih-bersih pantai dan tirtha yatra. Serta dengan tim lain seperti media akan meliput di sepanjang perjalanan ini. Hal ini diakui oleh Ketut Utari Mustika Putri selaku ketua panitia ekspedisi Madyapadma 2018. “ Ya, kita disini tidak hanya menjelajah namun juga peduli dan berbagi,” tutur yang akrab disapa utari ini.

     Tak hanya itu perjalanan kali ini juga memberikan kesan keberangkatan kepada para pesepeda seperti Ayu Putu Alika Prameswari Riananda (15) yang baru pertama kali melakukan jelajah sepeda. “Senang banget walaupun ini baru awal, akhirnya waktu ditunggu datang juga. Semoga nanti lancar sampai balik kesekolah lagi,” harap gadis kelas X MIPA 1 Trisma ini. Selaras dengannya pemimpin umum madyapadma juga berharap agar semua yang terlibat dalam kegiatan ekspedisi dan jelajah sepeda menelusuri Bali Barat 2018 ini berjalan dengan lancar. “Yang terpenting berdoa agar semua dilancarkan sama yang diatas,” tutupnya sembari tersenyum.(sa/non)