• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

Image and video hosting by TinyPic

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir, dan 2018 telah menanti. Tentunya detik detik bergantinya tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan orang orang terdekat. Pesta, dan musik merupakan hal yang tak bisa dijauhkan dari perayaan pergantian tahun ini. Dan apalagi yang diidentikkan dengan pesta tahun baru? Ya, kembang api dan petasan.

     Tanpa kembang api dan petasan, perayaan tahun baru bisa dikatakan tidak ‘klop’. Ledakannya yang berwarna warni ini tentu mampu membuat tahun baru menjadi meriah. Terutama petasan. Harganya yang murah dan berbagai varian yang ada membuat petasan dipilih semua kalangan. Peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas dan biasanya bersumbu ini wara wiri diperjualkan tak hanya di toko toko saja, pedagang kaki lima pun kerap memperjualkannya.

   Namun, dilihat dari banyaknya khasus yang terjadi, Petasan bisa dikatakan berbahaya. Ingatkah khasus meledaknya pabrik petasan yang menimbulkan banyak korban jiwa yang terletak di Tanggerang baru baru ini? Ya itu adalah salah satu kasus buruk yang disebabkan oleh petasan. Peristiwa ledakan petasan lainnya juga rutin terjadi setiap tahunnya. Beberapa tahun yang lalu, ramai diberitakan meledaknya petasan yang membuat tangan seorang bocah mau tak mau harus diamputasi, serta berbagai berita meledaknya petasan yang memakan korban. Korban petasan ini biasanya terjadi dikalangan anak kecil. Sangat mengherankan, berang yang cukup berbahaya ini peminat terbesarnya justru ada pada kalangan anak dibawah umur. Melihat banyak nya khasus yang terjadi rupanya tidak membuat jera anak anak kecil untuk memainkannya. Anak kecil yang masih tidak tahu apa apa ini harusnya dijauhkan dari barang berbahaya seperti petasan tersebut. Selain membahayakan, petasan ini juga dianggap membuang buang uang. Memang gunanya untuk bersenang senang, tapi haruskah kita bersenang senang dengan barang yang sudah jelas mengancam keselamatan kita ini?

    Sebenarnya memakai petasan ini diperbolehkan saja. Tapi alangkah baiknya jika digunakan secara bijak. Terutama bagi anak anak yang ingin memainkannya, harusnya mereka ditemani oleh orang dewasa. Pesta tahun baru memang merupakan ajang untuk menghibur diri. Tapi jangan sampai jadikan pesta tahun baru ini sebagai ajang mencelakai diri. (bi)

Pengunjung Lainnya

We have 194 guests and no members online