• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Resensi

Image and video hosting by TinyPic

Judul Buku                    : Jejak Sukses Jack Ma
Genre                             : Biografi
Penulis                           : MS Ardison
Penerbit                         : Ecosystem Publishing
Tebal                              : viii + 148 halaman
ISBN                               : 978-602-1527-13-9
Tahun                             : 2017

   Tak ada gading yang tak retak, sekiranya pepatah ini mampu menggambarkan kisah hidup seorang Jack Ma. Melalui buku "Jejak Sukses Jack Ma" terbitan Ecosystem Publishing, kesuksesan yang diraih Jack Ma tidak semata-mata akibat 'rezeki nomplok', ada 'harga' yang harus dibayar.

   'Harga' inilah yang menjadi alur cerita buku karya MS. Ardison. Dimulai dengan menyibak lika-liku kehidupan Jack Ma yang sarat akan kekurangan hingga mulai merintis kariernya. Bahkan, acap menuai kritikan dan kecaman. Berkaca dengan masa silam keluarganya, membuat pria kebangsaan China ini mendambakan kehidupan yang lebih baik. Berkat kemampuan berbahasa asing Ma, membuka cakrawalanya mengenai dunia bisnis secara global. Akhirnya dengan Alibaba.com, sebuah situs online tersukses besutan Ma, ia mampu mencapai puncak kesuksesan luar biasa hingga mengguncang dunia.

    Bercermin dari kisah Jack Ma, semakin menegaskan bahwa pencapaian seseorang dinilai dari keteguhan hati dalam berusaha. Buku ini tidak secara gamblang bicara soal suksesnya Ma. Melainkan dengan tempo perlahan, memaparkan akar permasalahan yang dihadapi.

    Di luar pembahasan mengenai Jack Ma, buku ini hadir dengan gaya bahasa yang dominan santai. Kombinasi menarik dihasilkan dari tulisan yang tersusun kronologis diimbangi dengan narasi yang mudah dipahami. Kalimatnya tegas tetapi tidak terkesan menggurui. Terdapat pula kutipan-kutipan jargon Jack Ma yang menjelaskan prinsip keyakinannya.

   Terlepas dari kemampuan mengungkap fakta terpendam, amat disayangkan kualitas foto yang ditampilkan tidak semenarik isi buku. Akan lebih apik apabila dilengkapi dengan ilustrasi dibarengi corak masing-masing halaman sehingga tidak monoton polos. Tak hanya itu, terdapat kesalahan ketikan kata pada beberapa halaman sehingga mengurangi estetika dari buku ini.

   Kendati demikian, kisah inspiratif Jack Ma memiliki nilai jual tersendiri. Buku ini tak hanya dapat menjadi pedoman bagi usaha rintisan (startup) berbasis internet tetapi juga ditunjukan untuk para "pemberani" yang ingin mengubah jalan hidup dan meninggalkan jejak pada dunia. (non)

Pengunjung Lainnya

We have 86 guests and no members online