• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

Kata siapa meneliti itu membosankan? Buktinya penelitian kian hari kian diminati oleh banyak orang terutama para remaja.

     Bagi sebagian orang, penelitian selalu dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat ilmiah dan dikerjakan dengan serius di laboratorium. Namun kenyataannya, tidak semua penelitian dapat dikaitkan dengan sesuatu yang berbau ilmiah. Pada dasarnya, semua hal yang berada di sekeliling kita dapat dijadikan bahan penelitian, terutama jika kita memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap hal tersebut. Dari sifat ingin tahu inilah, banyak remaja yang kini menggandrungi penelitian baik penelitian ilmiah maupun sosial.

    Meneliti itu asik. Mungkin itulah sekilas gambaran yang berada dalam diri para peneliti muda sekarang. Ketika sekali meneliti, maka akan merasa ketagihan untuk melakukan penelitian-penelitian lainnya. Bahkan banyak di antara mereka yang bergabung dengan sebuah komunitas peneliti sebayanya. SMA Negeri 3 Denpasar (Trisma) sendiri juga memiliki sebuah forum penelitian yang diberi nama Forum Peneliti Muda Trisma. Forum ini beranggotakan guru serta siswa Trisma yang memiliki ketertarikan terhadap dunia penelitian. Anggota Forum Peneliti Muda Trisma ini bahkan sudah berprestasi hingga tingkat internasional. 

     Melihat minat remaja sekarang yang cenderung menganggap penelitian itu sebagai sesuatu yang kaku dan tidak bernilai guna bagi kehidupan, tentunya membuat forum ini berupaya untuk mematahkan anggapan tersebut. Forum Peneliti Muda Trisma mengajak para anggotanya berpikir secara rasional bahwa tidak perlu repot-repot mencari sesuatu yang ingin dijadikan penelitian karena sebenarnya penelitian itu diawali oleh imajinasi kita sendiri. Untungnya, Trisma memiliki banyak siswa yang "jatuh cinta" dengan penelitian. Berkat hobi siswanya ini, setiap tahunnya Trisma pasti berhasil memenangkan lomba penelitian dari tingkat nasional hingga internasional.

    Siswa Trisma yang tergabung dalam Forum Peneliti Muda Trisma ini menganggap penelitian itu sebagai wadah untuk bersenang-senang. Terbukti dari penelitian-penelitian mereka yang notabene berasal dari pengalaman sehari-hari, namun penelitian sederhana tersebut berhasil menjuarai berbagai ajang penelitian bergengsi. Meneliti ini juga mereka jadikan wadah untuk menambah pengalaman sekaligus pengetahuan mengenai dunia luar. Dengan meneliti, mereka diajarkan apa arti kekecewaan, kesabaran, kerja sama dalam tim, juga sekaligus melatih diri untuk mengefisiensi waktu.

     Jadi, meneliti itu bukan tentang ilmuwan-ilmuwan yang meracik ramuan ataupun tentang profesor-profesor yang menemukan rumus-rumus yang rumit. Meneliti itu tentang seberapa tinggi imajinasi kita dan seberapa kuat tekad kita untuk mewujudkan imajinasi tersebut. Sebagai generasi muda, kita harus mampu dalam mewujudkan bangsa yang maju dan berdaya saing terhadap bangsa lainnya. Keberhasilan bangsa ini berada di tangan para peneliti mudanya. Jadilah peneliti muda yang hebat, jadilah generasi penerus bangsa yang cerdas.

Pengunjung Lainnya

We have 128 guests and no members online