• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Presslist 8

Image and video hosting by TinyPic

“Ayo temen-temen pasti udah pada gak sabar ya mau tau juara-juaranya,” pekik MC dari panggung depan yang dihiasi bambu-bambu itu. Teriknya panas matahari seakan menambah panas gairah semangat mereka, Jumat (21/04).

       “Langsung aja ya, kita sebut juara-juaranya mulai dari lomba blog,” lanjutnya. Memang pada Siang itu adalah jadwal pengumuman juara-juara lomba blog dan resensi. Peserta-peserta lomba yang terlihat sudah tidak sabar ingin mengetahui hasilnya, mulai memasang muka tegang. Sampai akhirnya yang ditunggu-tunggupun diumumkan.

     “Seneng banget, gak nyangka bisa menang soalnya ini lomba pertama ku,” ucap Ni Putu Ayu Mandalay (14), seorang siswi SMPN 9 yang berhasil meraih juara Resensi Terbaik pada Lomba Resensi Buku Terbaik Tk. SMP/MTs Se-Bali. Padahal Resensi yang berjudul ‘Perhatian Pada Tanah Bali Lewat Teluk Benua’ itu ia buat tanpa persiapan yang matang. “Waktu itu buatnya buru-buru, soalnya sambil didesak tugas sekolah,” akunya.

      Hal serupa juga dirasakan oleh Putu Gede Semara Pura (16), yang merupakan Juara Lomba Blog The Most Educatif. “Buatnya baru H-seminggu gitu, apalagi waktu itu lagi banyak-banyaknya ada ulangan, jadi agak bingung bagi waktu,” cerita siwa SMAN 1 Denpasar itu. “Apalagi dirumah rebutan computer sama adik, jadi tambah susah lagi,” tambahnya. Namun semua jerih payahnya terbayar dengan piala yang kini sudah berada di tangannya.

       Sedangkan untuk juara Lomba Blog Most Helpfull diraih oleh I Made Wisnu Adi Wiryawan, Juara Resensi Tk. SMA/k diraih oleh Felisia Putri Natalie asal SMA CHIS Denpasar dengan judul ‘Teluk Benua, di Antara Modernisasi dan Kontroversi, dan Lomba Resensi Tk. Mahasiswa diraih oleh Ni Putu Sri Utami Dewi dengan judul ‘Menentang Reklamasi Lewat Riset dan Ekspedisi’.

       Pengumuman lomba itu dibarengi dengan pembukaan Bookfair, yang diikuti oleh beberapa penerbit di Bali, seperti Tondo, Bali Post, Kompas Gramedia, Pustaka Ekspresi, Bali Arti, dan tentunya Madyapadma. “Saya rasa kegiatan seperti ini sangat bagus untuk dilanjutkan dan dilestarikan. Selamat untuk yang menang dan tetap semangat untuk yang belum berutung,” ucap I Made Sujaya, dewan juri lomba resensi buku, mengakhiri sambutannya yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para peserta. (git/non)