• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Laporan Khusus

Image and video hosting by TinyPic

Sabtu malam (24/02), para kawula muda, baik pelajar ataupun mahasiswa memenuhi Panggung Terbuka Ardha Candra Art Centre, Denpasar. Tepat kala itu, pagelaran budaya bertajuk “Bali Mandara Nawanatya II-2017” dibuka.

 

      Tepat pukul 20.00 Wita, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika secara resmi membuka pagelaran tahunan para seniman dan budayawan muda itu dengan penggoresan kuas aksara Bali ‘Ongkara’ pada kanvas. Disertai efek audio dan gemuruh tepuk tangan penonton mengiri atraksi visual munculnya tulisan “Nawa Natya 2K17” selepas pembukaan. “Acara ini diwujudkan sebagai pendukung upaya pelestarian seni dan budaya. Sekaligus dijadikan Kawah Candradimuka bagi para seniman untuk berkreasi,” ucapnya saat memberikan sambutan di hadapan seluruh undangan yang hadir.

      Bali Mandara Nawanatya II-2017 merupakan kelanjutan rangkaian agenda Pemerintah Provinsi Bali terkait apresiasi para seniman dan budaya Bali, setelah Pesta Kesenian Bali (PKB) dan Bali Mandara Mahalango yang diadakan tiap tahun. Dwi Puri Sukmawati, salah satu panitia pembukaan Bali Mandara Nawanatya II-2017 bidang Stages Manager, mengungkapkan bahwa pembukaan diawali dengan pawai karnaval dari Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar menuju Taman Budaya, Denpasar. “Pada saat pawai, kita juga mengadakan penilaian untuk pengunjung kostum terunik. Hadiahnya kita kasi coklat, sebagai apresiasi kita. Apalagi momennya juga dekat Valentine,” tuturnya.

       Tak hanya pagelaran budaya, Bali Mandara Nawanatya II-2017 juga dirangkaikan dengan Pameran Seni Rupa “Rupa Setaman” dari seniman-seniman Bali, mahasiswa ISI Denpasar dan siswa jurusan Seni Lukis SMKN 1 Sukawati, Gianyar. Pameran secara resmi dibuka oleh Ibu Ayu Pastika, selaku Tim Penggerak PKK Provinsi Bali sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali.

         Pagelaran seni dalam rangka Bali Mandara Nawanatya II-2017 yang akan berlangsung hingga akhir tahun 2017, dibuka dengan pertunjukkan Operet Komedi bertajuk “Sandikala Ang Ah” dari Teater Kini Berseri. Kemudian, esok malamnya akan dilangsukan pagelaran Bondres “Trio Clekontong” di Kalangan Madya Mandala Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasar.

       Di akhir sambutannya, Made Mangku Pastika mengungkapkan harapan besarnya terkait kebermanfaatan Bali Mandara Nawanatya II-2017. “Saya berharap agar acara ini bisa menjadi wahana promosi, sosialisasi, dan inspirasi bagi para seniman di Bali.” (nan/smy)

Pengunjung Lainnya

We have 75 guests and no members online