• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Tajuk

Bahasa adalah alat komunikasi baik secara lisan maupun tulisan untuk menyatakan maksud, pesan, tujuan dari pengirim ke penerima.

 

     Sebagai alat komunikasi bahasa harus memiliki beberapa persyaratan yang salah satunya adalah terpakainya bahasa sebagai alat perhubungan baik antar daerah maupun pada tingkat regional seperti Asean. Sehingga, semua bahasa dapat menjadi penghubung di dalam suatu interaksi termasuk di dalam MEA ini.

      MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean merupakan bentuk realisasi interaksi ekonomi di kawasan Asean. Dengan adanya MEA tentunya kesempatan setiap orang untuk melakukan kegiatan ekonomi semakin besar, serta dengan adanya MEA dapat meningkatkan keberanian dari masyarakat Indonesia untuk bersaing karena objek pemasarannya akan semakin luas.

     Namun yang terjadi sekarang justru terbalik, masyarakat Indonesia justru semakin ketakutan untuk bersaing di dalam MEA, mengapa demikian? Untuk dapat bersaing baik secara domestik maupun regional sangat penting menguasai bahasa Inggris. Namun dengan pendidikannya yang masih dapat dibilang rendah, penguasaan Bahasa Inggris di Indonesia juga masih rendah.

     Tapi sebenarnya itu semua hanyalah ketakutan yang tidak berdasar. Faktanya, tidak semua pekerja dari luar negeri terutama di kawasan ASEAN memiliki kompetensi dalam berbahasa inggris. Bahasa inggris juga bukan bahasa ibu mereka, sama seperti kita. Jadi, apa yang harus ditakutkan? Selain itu, sekarang juga sudah ada teknologi penerjemah bahasa. Jadi, apa bahasa itu penting? Lebih baik kita masyarakat Indonesia meningkatkan kualitas tenaga kerja kita dulu, karena walaupun kita ahli dalam berbahasa, kalau kualitasnya jelek buat apa?

Pengunjung Lainnya

We have 78 guests and no members online