• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Resensi

Image and video hosting by TinyPic

Judul Film         : Ceritaku
Genre                : Dokumenter
Sutradara          : I Made Yana Priyatna
Produksi            : Madyapadma Journalistic Park
Tahun Produksi : 2015
Durasi                : 16 menit
Pemain              : Ni Putu Intan Apsari dan Cok Laksmi Pradna Paramita

 

       Film yang bertajuk “Ceritaku” yang disutradarai oleh I Made Yana Priyatna merupakan sebuah film documenter yang menceritakan bagaimana keluh kesah Intan dan Cok Ami tersebut yang berjuang dari nol menuju puncak kemenangan. Dimulai dari membuat proposal untuk seleksi awal lomba, cerita mengenai lolos sebagai proposal terbimbing, proses penelitian yang sangat sulit dan menguji mental. Sampai akhirnya menjadi pemenang pertama bidang Kebumian dan Kemaritiman LKIR ke-47 LIPI tahun 2015. Canda tawa sampai tangis haru pemain ketika mewarnai seluruh scene dalam film ini.

      Yana Priyatna selaku sutradara menyajikan film ini dengan apik. Film ini mampu menceritakan pengalaman pemain secara lengkap tanpa meninggalkan fakta yang terjadi di lapangan. Selain itu, nilai human interest dalam film ini juga dimunculkan dengan begitu kuat, seakan pemain sedang ‘bercerita’ langsung kepada penonton. Namun, brightness pada beberapa scene kurang diatur dengan baik, kualitas suara masih belum jernih, dan kurangnya penambahan subtitle untuk memperjelas monolog pemain agar orang yang masih awam dan belum mengenal dunia penelitian dapat memahami isi film secara keseluruhan.

         Di balik kekurangannya, film ini tetap berkualitas dengan diraihnya nominasi Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 kategori Film Dokumenter Pelajar & Mahasiswa Terbaik. Kisah Intan dan Cok Ami yang menginspirasi dapat memberikan pesan-pesan yang baik bagi para penonton, khususnya para remaja. Melalui film ini, telah membuktikan bahwa proses yang keras akan membuahkan hasil yang memuaskan. Jadi jangan menyerah dalam meraih impian! (smy)

Pengunjung Lainnya

We have 219 guests and no members online