• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Profil

Image and video hosting by TinyPic

Siapa bilang guru itu kuno? Guru "gaul" ini yang punya sejuta cara untuk memikat anak didiknya.

        I Made Gede Sukawijaya atau yang akrab disapa Wijaya merupakan salah satu guru Matematika di SMAN 3 Denpasar. Pria kelahiran 12 Januari 1993 ini memiliki metode yang berbeda dari guru pada umumnya. Dengan menggabungkan teori, diskusi, dan tanya jawab, Wiajya merasa hal ini ampuh untuk memancing siswa aktif di kelasnya. “Kalau cuma diskusi kelompok, takutnya murid-murid jadi kurang paham dan itu membutuhkan banyak waktu, makanya supaya efektif, dipadukan saja,” ketiknya saat diwawancarai pada Kamis (6/10).

     Tak hanya itu, ia juga memanfaatkan aplikasi pembelajaran berbasis online sebagai media pembelajaran sampingan. Sistemnya, dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa, contohnya Quipper. Untuk keefektifan waktu, Quipper bisa diakses dimana dan kapan saja serta siswa bisa menjawab soal untuk latihan. Pria berambut keriting ini bahkan membuat video pembelajaran demi siswanya agar tak bosan. “Siswa dapat belajar dengan cara menonton video itu, dan saya yakin dengan belajar melihat, mendengar, dan membaca melalui video pembelajaran akan lebih mudah dipahami”.

    Pria berkulit sawo matang ini juga menyarankan agar para guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai media penyampaian materi belajar. "Ini dapat membantu para siswa untuk menguasai materi pembelajaran. Toh di Youtube atau platform pembelajaran seperti Edmodo bisa diakses dengan mudah dan cepat,"

      Sembari tersenyum ia berkata, "Kita harus terus dapat mengikuti perubahan zaman, jika sekarang zamannya internet, maka kita harus dapat memanfaatkan internet itu untuk hasil yang lebih baik,” tak dapat dipungkiri, era kecanggihan teknologi pasti terus didorong pemerintah. Tapi, tak juga kita boleh lupa dengan buku teks cetak yang ada. "Hargai ilmu dengan semua media yang bisa kita manfaatkan," katanya. (msk)

Pengunjung Lainnya

We have 168 guests and no members online