• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

Melelahkan, rumit, butuh waktu lama sudah merupakan hal wajar dalam pembuatan karya tulis. Namun ada segudang kebaikan yang terkandung di dalamnya.

 

       Karya ilmiah atau karya tulis adalah laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Karya tulis biasanya identik dengan “tugas akhir” siswa. Salah satu sekolah yang menerapkan program ini adalah SMA Negeri 3 Denpasar. Sekolah ini telah menjalankan program pengumpulan karya tulis sebagai tiket pengambilan ijazah sejak beberapa tahun silam. Tujuannya adalah agar para siswa memiliki bayangan tentang pembuatan karya tulis. Mengingat nanti saat diperguruan tinggi mereka wajib menyerahkan skripsi (tugas akhir) agar bisa meraih gelar sarjana.

      Pembuatan karya tulis tentu tidak instan. Karya tulis yang baik dan benar memerlukan waktu dan proses lama dalam pengerjaannya. Untuk itu saat ini sudah banyak siswa-siswi Trisma yang mulai mencai referensi ide guna merampungkan karya tulisnya. Dengan karya tulis kita mampu mengembangkan keterampilan membaca yang efektif bagi para siswa, memperluas cakrawala pengetahuan, dan tentunya mampu mengorganisir fakta dan data secara sistematis. Dengan berbagai manfaat yang ada, maka akan sangat membantu para siswa saat telah memasuki bangku kuliah.

      Meskipun banyak manfaat yang diterima dalam pembuatan karya tulis, tak menjadikan semua orang khususnya siswa setuju akan hal ini. Waktu adalah alasan utama ketidak setujuan ini. Karya tulis yang umumnya memerlukan waktu lama, dirasa kurang pas diterapkan untuk anak SMA mengingat padatnya jadwal mereka. Mereka juga harus bisa membagi waktu dengan belajar mengingat Ujian Nasional tinggal sebentar lagi. Namun apabila kita telaah lebih dalam tak ada salahnya mempergunakan waktu kita sebentar saja barangkali 30 menit unuk mengerjakan suatu karya tulis tiap harinnya. Karena kedepannya manfaat dan pengalaman yang kita dapatkan dari pembuatan karya tulis akan sangat terasa. Sekolah telah memberikan jalan bagi kita untuk dapat selangkah lebih maju dari oranglain. Ingat bahwa tak setiap sekolah menerapkan hal ini. Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan karya tulis kalian, demi masa depan gemilang. (prh)

Pengunjung Lainnya

We have 117 guests and no members online