• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Tajuk

Menyikapi peran orang tua dalam penangan anak dengan gangguan perkembangan saraf atau yang sering disebut Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) kini menjadi hal yang patut diperhitungkan.

       Pasalnya anak yang mengalami Hyperactivity Disorder memerlukan penangan lebih khusus dibanding anak nomal lainnya. Penanganan ini dapat dilakukan dengan terapi dan perlakuan khusus dari orang tua. Kadang kala “perlakuan khusus” ini sering disalahtafsirkan oleh para orang tua. Kebanyakan orang tua salah mengambil tindakan atau langkah saat mengetahui anaknya berbeda dari kebanyakan anak lainnya. Orang tua cenderung mengubah sikapnya dengan berperilaku tegas terhadap anak. Bahkan tak jarang ada yang sampai memberikan hukuman untuk mengubah perilaku anaknya.

       Berperilaku tegas sesungguhnya sah-sah saja dilakukan para orang tua. Hanya saja harus disikapi dengan bijaksana. Tegas yang dimaksud adalah, lebih sabar dalam menyikapi perilaku anak hiperaktif dan juga tidak memanjakan anak. Namun realitanya orangtua menerapkan sikap tegas yang terkesan galak ditambah dengan pemberian hukuman agar si anak tidak berperilaku manja. Padahal dengan memberikan hukuman dan memarahi anak belum tentu akan memberikan efek yang baik bagi perkembangan anak. Jika hal ini terus terjadi maka kondisi anak pun menjadi semakin buruk. Kasih sayang dan kesabaran orangtua merupakan kunci yang utama untuk mengatasi problematika ini.

     Anak hiperaktif memiliki tenaga yang jauh lebih besar dari anak pada umumnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat beraktivitas terus-menerus. Meskipun umumnya anak hiperaktif sulit untuk fokus atau berkonsentrasi, namun ternyata mereka memiliki tingkat kecerdasan yang jauh di atas rata-rata anak normal. Akan lebih bijak, bila orang tua mampu mengarahkan potensi besar pada anak ADHD menuju arah yang lebih baik dengan mengambil tindakan dan mengkonsultasikan tindakan tersebut kepada ahlinya.

Pengunjung Lainnya

We have 34 guests and no members online