• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Laporan Utama

Image and video hosting by TinyPic

Ditemani sua dari rintihan pasukan Sang Indra, kedua Dara itu menyampaikan keluh kesahnya mengenai fenomena ini dengan menggebu-gebu.

     Dengan semangat bergelora, Lusiana Kurnia (16) dan Ira Kusuma (15) bercerita banyak pengalamannya mengenai hak-hak konsumen pada Sabtu (12/3) di Workshop SMAN 3 Denpasar. Kala itu, peringatan hari konsumen Indonesia setiap tanggal 15 Maret tak diperingati spesial oleh Lusi. Namun ketika ditanya mengenai keluh kesahnya ketika berbelanja, nada bicaranya tiba-tiba meninggi. “Ih banyak banget keselnya. Kasir pada jutek, belum lagi kalau ada diskon gede - gedean, tapi ada persyaratan khususnya juga.” Di lain pihak, Ira menimpal, “Aku itu orangnya gak suka antri, ditambah lagi pelayanan kasir yang lama banget. Kadang jadi sebel juga”. Baginya, seorang konsumen memiliki hak yang tak boleh dipandang sepele.

    Mengenai hal tersebut, Ni Made Dwi Utami Yogi (30), guru ekonomi di SMAN 3 Denpasar, menyikapi dengan lugas. Wanita yang akrab disapa Bu Yogi ini menganggap pemerintah sudah mampu menunjukkan ‘wajah aktifnya’. Namun, dirinya juga tak menampik bahwa pelanggaran terhadap hak konsumen di masyarakat masih saja terjadi. “Biasanya hal ini terjadi karena ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah yang tidak menangani kasus pelanggaran hak konsumen dengan baik”, jawabnya.

   Menurutnya, “peduli” merupakan kata kunci dalam menangani persoalan ini. “Pemerintah bertanggung jawab melakukan pengawasan demi masyarakat. Produsen wajib menjaga kualitas produk. Serta masyarakat juga harus teliti setiap kali mengonsumsi produk”, papar wanita berkacamata tersebut.

    Semua pihak memiliki tugas masing - masing untuk membuka mata menghadapi persoalan ini. “Jika semua dibebankan kepada pemerintah, sehebat apapun, pemerintah takkan dapat meniadakan ketidakpuasan masyarakat”, pungkas Bu Yogi. Dengan demikian, sudahkah kita menjaga hak kita sendiri? (smy)

Pengunjung Lainnya

We have 86 guests and no members online