• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Profil

Image and video hosting by TinyPic

Masih belia, sudah peduli terhadap keberadaan budaya daerahnya. Waktu menuntut ilmu pun ia relakan, demi mengetahui seluk beluk suatu tradisi. Mungkin memang pencinta tradisi, karena ia suka menari juga.

      Namanya Ni Putu Manik Cahyati. Seorang gadis manis yang meraih medali emas, dalam Olimpiade Penelitian Siswa Sains dan Humaniora (OPSSH) Trisma IV tahun 2016, bidang IPS-Humaniora. Bersama teman kelompoknya, Manik membuat sebuah penelitian mengenai tradisi Mesbes Bangke yang ada di daerah Gianyar.
    “Kita pengen memberi tahu masyarakat tentang budaya Bali yang tidak banyak diketahui, biar nggak hilang tergerus jaman,” ujarnya ketika diwawancari seusai pemberian penghargaan OPSSH IV, Sabtu (30/4) di Workshop SMAN 3 Denpasar. Belasan tradisi di seluruh Bali telah ia telusuri, sampai pulang malam dari sekolah. Bayangkan, siswi kelas satu SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, sudah dengan giatnya mau bekerja di sekolah sampai malam. “Untungnya orang tua mendukung juga, karena emang udah tau, anak KIR ya begini,” celetuknya sambil menyunggingkan senyuman manis.
      Bukan hanya pulang malam, gadis berkulit putih ini juga mengaku sering melewatkan ulangan harian di kelasnya akhir-akhir ini. “Jadinya harus nyusul. Tapi tetep aja nggak sempet belajar. Ya semoga aja nilainya nggak merosot,” harapnya. Dimarahi guru dan pembina, sudah biasa. Semua itu demi mendapatkan hasil yang terbaik.
     Ketertarikannya dengan budaya daerah ternyata tak lepas dari hobi gadis ini. Menari, adalah kegemarannya sejak kecil. Sempat menjadi juara dalam Pekan Seni Remaja ketika masih menempuh pendidikan di sekolah dasar, Manik tertarik untuk melakukan penelitian tentang tarian. “Tadi juga kan ada temen dari sekolah lain yang meneliti tentang tari legong. Dari sana jadinya bisa belajar juga, dan mengetahui lebih banyak tentang tarian,” tuturnya. Gadis pintar, mempopulerkan tradisi dengan penelitian! (nan)

Pengunjung Lainnya

We have 93 guests and no members online