• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Laporan Khusus

Hari ini ada yang berbeda di Trisma. Warna - warni kain unik itu membalut tubuh para pelajar Trisma. Kebahagiaan tampak dari raut muka mereka yang mayoritas menggenggam setangkai bunga. Spesialkah?

     SMA Negeri 3 Denpasar turut memperingati hari guru nasional yang bersamaan dengan HUT PGRI yang ke 70 (25/11). Seiring dengan itu, Trisma menggelar berbagai acara yang penuh makna. Peringatan ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh warga sekolah. Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon dan burung. Sebagai hiburan, perwakilan siswa mempersembahkan para guru dengan penampilan musikalisasi puisi oleh Gita Phalasukma dan kawan-kawan. Peringatan hari guru diakhiri dengan acara salam-salaman antara guru dengan seluruh siswa SMA Negeri 3 Denpasar yang diiringi dengan nyanyian oleh ekstra vokal  (VOG) Trisma. 

     Peringatan hari guru tahun ini ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu siswa memakai seragam sekolah biasa, tahun ini siswa memakai pakaian endek bebas rapi. Ide penggunaan endek ini digagas oleh kepala sekolah sebagai pelaksanaan instruksi dari pemerintah. "Berhubungan dengan peraturan dari pemerintah yaitu intruksi pemakaian endek dikalangan siswa, pemakaian endek pada hari guru ini dijadikan sebagai uji coba dalam melaksanakan peraturan tersebut," ucap I Wayan Phala Swara, salah satu guru Trisma.

     Dibalik tujuan tersebut, pemakaian endek ini juga mempunyai manfaat bagi siswa. "Secara tidak langsung melalui kegiatan ini kita dapat memperkenalkan dan melestarikan budaya Bali kepada siswa," ujar Ida Ayu Dyana Pani. Pemakaian endek mendapat apresiasi yang positif dari kalangan guru maupun siswa. "Semua orang itu wajib punya endek, karena endek itu budaya Bali. Dengan memakai endek kesannya kita juga bangga mengenakan produk budaya lokal," kata Putu Ayu Pradnyagita. Kegiatan pemakaian endek ini merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya Bali yang semakin memudar. Melalui pemakaian endek diharapkan budaya Bali semakin terkenal dan tetap terjaga kelestariannya. (lts)

Pengunjung Lainnya

We have 125 guests and no members online