• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

Oleh: Indira Maha Firmantie

        Tidak akan lama lagi siswa-siswi sekolah tingkat menengah di seluruh Indonesia akan menghadapi UN atau Ujian Nasional. Siswa-siswi yang kini duduk di bangku kelas XII tentunya akan merasa semakin didesak dan dituntut untuk melakukan persiapan lebih giat lagi. Keadaan ini dapat disebut fase pra-UN, dimana masa-masa ini paling mendebarkan sehingga banyak kalangan yang terlibat. Tidak hanya siswa. Guru, serta orangtua pun turut memegang andil dalam kejengahan ini.

         UN atau UNAS (Ujian Nasional) ibarat sebuah kompetisi yang digelar bagi para siswa-siswi yang akan mempertaruhkan kredibilitas lembaganya masing-masing. Terlebih bagi para siswa selaku calon peserta ujian. Tidak dipungkiri setiap menjelang UN seringkali dilanda beban psikologis yang menekan kejiwaan lebih berat dibanding ketika akan menghadapi ujian sekolah (UAS). Mereka berpandangan bahwa keberhasilan proses pembelajaran yang ditempuhnya selama bertahun-tahun itu akan segera ditentukan di beberapa hari ke depan.

        Untuk mengahadapi ujian nasional ini, pihak sekolah selalu membuat suatu program pematangan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan semacam bimbingan atau tambahan pelajaran yang disebut pemsor (pemantapan sore). Sesuai namanya, siswa dan siswi kelas XII diberikan pelajaran tambahan dan kisi-kisi soal terkait Ujian Nasional seusai pulang sekolah. 

        Tujuan pemsor ini sangatlah baik, yaitu untuk mempertajam kemampuan dan ingatan siswa dalam pelajaran yang nantinya akan di ujikan. Karena pemsor ini dilakukan setelah jam pulang sekolah, tentu saja murid-murid tidak akan menangkap seratus persen materi yang diajarkan guru. Terang saja, karena otak siswa siswi kelas XII pasti lelah belajar penuh seharian. Maka dari itu, gurulah yang harus menyiapkan metode yang santai namun tetap berbobot agar kegiatan pemsor ini dapat berjalan efektif. Jika sudah begitu, kesuksesan siswa dalam meraih nilai tinggi saat UN pun dapat terjamin keselamatannya.

Pengunjung Lainnya

We have 88 guests and no members online