• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

 Oleh: Ayu Mahapatni

 

        Denpasar. Sebagai Ibu kota Provinsi Bali tentu semua mata selalu sigap memandang setiap kemajuan yang diluncurkan pemerintah. Terutama kemajuan di bidang teknologi. Semakin maju wawasan manusia selalu beriringan dengan semakin canggihnya fasilitas teknologi. Dengan begitu, keperluan hidup manusia akan terasa lebih praktis dan efisien. Khususnya dalam hal penyebaran wawasan dan sebagai media informasi yang kini dikenal sebagai konvergensi media.

         Siapa yang tak ingin menjadi maju? Pemerintah Kota Denpasar pun berpikir untuk meningkatkan kreatifitas sumber daya manusia, khususnya pada kawula muda untuk ‘berteknologi’. Maka digelarlah Denpasar Teknologi Informasi dan Komunikasi Festival atau yang lebih dikenal dengan sebutan D’TIK Festival. Kegiatan yang berawal pada tahun 2013, dan digelar kembali tanggal 30 Oktober – 2 November 2014 ini merupakan sebuah ajang festival teknologi yang diadakan untuk menonjolkan edukasi, pemberdayaan masyarakat di bidang TIK. Festival ini banyak melibatkan komunitas-komunitas TIK sekolah maupun universitas TIK yang ada di Denpasar.

        Sejauh ini, Kota Denpasar terkenal akan pengguna teknologi teraktif. Macam pemanfaatannya pun beragam dan tersebar di berbagai kalangan. Saban hari, salah satu bagian penting penggunaan teknologi makin digencarkan pelaksanaannya. Hal ini terlihat dari DTIK Festival 2014 yang menjadi ajang unjuk gigi para komunitas TIK sekolah maupun universitas TIK yang ada di Denpasar dalam hal penerapan konvergensi media. Konvergensi media adalah penggabungan atau penyatuan media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Dengan kata lain, penyebaran informasi dengan bantuan teknologi sangat penting dan gencar dikerahkan untuk menunjang kehidupan manusia.

        Hal ini tentu dapat memudahkan penyebaran berita yang satu ke berbagai macam media berita yang ditujukan pada satu titik tujuan tertentu.  Konvergensi media juga dapat memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh dunia karena ada akses internet atau memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera selain melalui koran, contohnya saja adalah media website online, radio, televisi interaktif dan televisi multisaluran dimana pengguna memilih sendiri program siaran yang disukai.

        Dengan digelarnya D’TIK Festival ini, pemerintah kota dihadapi pada beberapa pilihan. Yaitu sebagai tidak hanya semata-mata berupa program dari Dinas Kominfo saja.Namun diharapkan juga dapat memberi banyak manfaat berupa informasi seputar teknologi kepada masyarakat khususnya masyarakat kota Denpasar sendiri. Dengan begitu, generasi penerus akan terpacu untuk melek teknologi, siap sebagai pelaksana konvergensi media, dan tentunya mampu bersaing di kancah yang lebih bergengsi.

Pengunjung Lainnya

We have 107 guests and no members online