• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Artikel

Majalah dari SMP di Bali dan Jawa Timur bersaing ketat.  Tiga dari Bali. Satu dari Jawa Timur. Majalah dari Bali itu,  majalah ‘Ganesha’, majalah Gema Siswa  dan majalah Genitri. Majalah dari Jawa Timur adalah majalah ‘Akses’. Lantas siapa yang terbaik?

 

       Majalah Gema Siswa yang diterbitkan SMPN 1 Denpasar memiliki kekuatan dalam tulisan jenis-jenis artikel. Tulisan mereka lugas dan meremaja. Ringan dan enak dibaca. Kekuatan lainnya ada pada  ilustrasi atau  karikatur.  Selain itu, kemampuan menulis berita anak-anak di bilangan ‘Surapati’ ini tidak boleh diremehkan oleh pesaing lainnya. Karena berita-berita mereka tergolong beragam dan informaitf. Satu lagi yang tidak boleh diabaikan soal kemampuan menulis mereka, yaitu kemampuan menulis sastra.  

       Berikutnya, kekuatan majalah Ganesha. Majalah Ganesha diterbitkan siswa-siswa SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Kekuatan anak-anak di daerah Kamboja ini terletak pada penulisan berita. Berita-berita yang mereka buat sudah memenuhi kaidah-kaidah penulisan berita. Bahkan ada beberapa berita yang cukup menarik dan enak dibaca. Tidak hanya itu, kemampuan crew ‘Ganesha’ untuk tulisan jenis-jenis artikel patut diperhitungkan oleh pesaing-pesaing yang lain. Tidak hanya itu, untuk urusan sastra pun, mereka juga bersaing. Kalau soal urusan artistik, majalah ‘Ganesha’ perlu diperhitungkan!

       Majalah Genitri yang diterbitkan SMPN 9 Denpasar cukup bersaing untuk uruan redaksional. Baik itu untuk jenis-jenis berita maupun jenis-jenis artikel. Apalagi sebagai jawara tahun lalu, tentunya mereka tak ingin tergelincir. Kekuatan urusan redaksional ini juga diikuti oleh keapikan tata artistiknya. Covernya pun juga terjaga untuk tetap bersaing. Lantas apakah mereka akan mengulang keberhasilan tahun lalu? Kita tunggu saja.

       Pendatang baru tahun ini, datang dari provinsi sebelah barat Bali, yakni Jawa Timur. Arek-arek Tulungagung tepatnya dari SMPN 3 Tulungagung. Mereka menerbitkan majalah ‘Akses’. Majalah yang kaya berita itu ikut bersaing memperebutkan menjadi yang terbaik. Kekuatan majalah ‘Akses’ jenis tulisan hasil wawancara, jenis-jenis artikel dan karya sastra. Sementara untuk artistik, tampilan majalah ‘Akses’ dapat menjadi kuda hitam. Akankah majalah ‘Akses’ mengukir cerita sukses di Bali? Kita tunggu pengumuman pemenangnya, Sabtu (3/5) esok (Tim MP).

Pengunjung Lainnya

We have 131 guests and no members online