• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6285-739880-014
Category: Laporan Utama

Kali ini, presslist 5 meluncurkan Kantor Berita Radio Feature. Program baru dari Madyapadma ini akan dipersembahkan saat acara puncak Presslist 5. Seperti apa sih, Berita Radio Feature itu?

     

       Madyapadma memiliki banyak bidang dalam jurnalistik. Salah satunya, bidang Radio. Sebelumnya, Madyapadma dipercaya mengelola suatu komunitas radio di SMA Negeri 3 Denpasar yang diberi nama Voice Of Trisma (VOT). Namun dalam perjalanannya, program VOT ternyata tak dapat berjalan sesuai harapan.

       Beranjak dari keterpurukan VOT, Madyapadma mencoba membangkitkan kembali bakatnya dalam radio dengan mencanangkan program dan pelatihan Kantor Berita Radio Feature (KBRF). Salah satu penyiar di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Bali, I Nengah Muliarta, S.Si, M.Si turut diundang untuk mengajar anggota Madyapadma mendalami Berita Radio Feature (BRF) melalui pelatihan radio. 

       Dalam pelatihannya, seluruh peserta ditugaskan membuat beberapa BRF. Pembuatan BRF sendiri memiliki sesuatu yang berbeda dari liputan radio biasanya. “Radio feature ini mirip berita kisah dan dokumenter tapi minus visual. Isinya juga harus mengandung human interest. Itu bedanya,” jelas Oktaria Asmarani selaku Pemimpin Umum Madyapadma. Hasil dari BRF sendiri, nantinya akan dilaunching pada Acara Puncak Presslist 5 (2/5).

       Sebelum diluncurkan, proses pembuatan BRF ternyata memakan waktu dan tenaga yang cukup besar. “Pembuatannya cukup panjang. Pelatihan yang kilat dan alat yang terbatas menjadi kendala kita,” ujar Vira Sonia. Meski begitu, Ia mengaku bangga dapat berkecimpung dalam kegiatan yang cukup besar seukuran anak SMA. Sama seperti Vira, Raka Mas Narita juga mengatakan bahwa BRF sangat berguna baginya. “Dari radio feature, kita bisa mengungkapkan kritikan lewat radio,” ujarnya.

       Melihat banyak hal kreatif melalui BRF, Oktaria berharap agar dalam pelaksanaannya tidak stuck lagi seperti VOT. Pada prosesnya yang panjang, menarik sekali anak SMA dapat mengerjakannya ditengah kesibukan siswa sebagai pelajar. “Kita tunjukkan kehebatan Madyapadma di radio feature dengan membuat BRF yang berkualitas. Siapa tahu, penggiat BRF melirik dan membantu kita untuk berkembang,” ujar Oktaria yakin sambil menutup kalimatnya. (svt)

Pengunjung Lainnya

We have 165 guests and no members online